Senin, 28 Maret 2011

Eksistensi Jurusan Bahasa Jerman

Jurusan Bahasa Jerman merupakan salah satu dari sekian banyak jurusan yang terdapat disebagian Universitas di Indonesia. Di Indonesia timur jurusan pendidikan bahasa jerman bisa kita temukan di Universitas Negeri Makassar (UNM). Setiap tahunnya jumlah pendaftar jurusan bahasa jerman boleh dikatakan sangatlah minim dibandingkan dengan jurusan lainnya, alasannya prospek kedepannya jurusan bahasa jerman itu tidak menjanjikan, Hal itu terbukti dari sekian banyak sekolah baik SMA atau SMP, cuma sebagian kecil yang mempelajari bahasa Jerman.jadi pertanyaannya mau dikemanakan alumni-alumni sarjana pendidikan lulusan bahasa jerman ??????

Hal itu, sempat terlintas dipikiran penulis (yusri), namun sebenarnya apa yang dipikirkan oleh sebagian besar masyarakat yang mengatakan prospek kedepannya jurusan bahasa jerman  tidak menjanjikan itu sebenarnya anggapan yang tidak benar, selain menjadi tenaga pengajar (guru) masih banyak lapangan pekerjaan yang lain yang disediakan untuk lulusan sarjana pendidikan bahasa jerman, selain itu di Eropa Bahasa Jerman merupakan bahasa internasional kedua setelah bahasa inggris, maka berbanggalah kita bisa berbahasa jerman.....
saya merasa bangga bisa lulus di jurusan bahasa jerman, bertemu dengan teman-teman yang kocak ( Qudus, iswar, Akmal, Saddam, Zul, asrul dll )

Kuncinya, jangan pesimis dan tetap semangat! buktikan bahwa jurusan bahasa jerman itu tidak seperti yang dipikrkan oleh khalayak ramai.
"WIR SIND NICHT AM BESTEN, ABER SO SCHWER ZU KONKURIEREN"

7 komentar:

Unknown mengatakan...

setujuuu
saya calon mahasiswa baru jurusan bahasa jerman di UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA.
salam kenal...

Wikachuu mengatakan...

saya calon mahasiswa tahun ini, masih bingung pilih jurusan, tapi sepertinya bakat saya ada di 'bahasa'. tertarik ke pend.b.jerman, tapi ya itu, ragu sama prospek kedepannya, hehe mungkin kakak bisa bantu saya, hehe

Yusri Der Kreis mengatakan...

Alumni jurusan bahasa Jerman bukan hanya berprofesi sebagai guru, dengan kemampuan bahasa jerman yg anda miliki, anda bisa berkerja di kedutaan jerman di Indonesia misalnya ataupun di kedutaan indonesia di Jerman. Selan itu, masih banyak perusahaan2 jerman Di Indonesia yang membutuhkan alumni2 bhs.Jerman.

Hajrah mengatakan...

saya maba pend. bhsa jerman UNM 2013, awal'y saya ragu memilih jurusan ini tp setelah sebulan mendalami prodi ini rasa penasaran saya ttg segala yg brhubungan dgn jerman mulai muncul. sy s7 dgn admin, qt tdk bleh pesimis m'mikirkn prospek ke dpnx. banyak kok lapangan krjax. yaa.. selama qt gk kenal kata "putus asa" aja. danke :)

EVa La mengatakan...

bahasa jerman itu susah gak sih? kalau 'katanya' kan bahasa perancis susah minta ampun ,,, gimana kalau bahasa jerman?
aku 0 besar soal bahasa ini ,,, tapi tertarik buat kuliah di pend bahasa jerman ,,, mohon dijawab ya :')

Unknown mengatakan...

Sya skrg sudah berada dibangku kelas XII jurusan bahasa. Inshaa Allah nnti ambil jurusan bhs jerman juga
Selain kerja dikantor kedutaan bisa kerja dimana lg kak?

Anonim mengatakan...

tidak ada masa depsnnya.. alumninya pengangguran semua..

Posting Komentar

Pages

Herzlich Wilkommen in mein Blog

Herzlich Wilkommen in mein Blog
Yusri

Meine Freunden

Ich bin Schrifteller

Ketika seorang penulis hanya menunggu, maka sebenarnya ia belum menjadi dirinya sendiri”. [Stephen King]

Cari Blog Ini