Minggu, 17 Juni 2012

BERSENANDUNG TULISAN DENGAN UTHAYA SANGKAR


Pada hari Jumat tanggal 15 Juni 2012 Makassar International Writer’s Festival (MIWF) 2012 kembali menghadirkan penulis- penulis luar negeri. Salah satunya yaitu seorang penulis ternama yang berasal dari Malaysia, beliau bernama Uthaya Sangkar. Pada kesempatan kali ini beliau akan memberikan workshop menulis kepada para peserta, bagaimana cara memulai sebuah tulisan, bagaimana menentukan tema dalam sebuah tulisan dan masih banyak lagi yang akan diajarkan oleh Uthaya Sangkar dalam workshop menulis ini.
Sebelum memulai workshop, penulis yang sering dipanggil dengan nama Uthaya ini mempersilahkan kepada peserta untuk memperkenalkan dirinya dan menceritakan sampai mana pengalaman menulis yang telah dilakukan. Diantara peserta yang mengikuti worksop ini ternyata sebagian besar peserta sudah mempunyai jam terbang tinggi dalam hal tulis menulis, bahkan ada peserta yang tulisannya telah dimuat di beberapa media cetak sampai 30 tulisan. Uthaya Sangkar pun memberikan apresiasi yang besar terhadap peserta tersebut atas pengalamanya dalam bidang menulis.

“Sebagian penulis Malaysia sebenarnya bercermin pada penulis Indonesia” tegas Uthaya Sangkar. Salah satu perbedaan antara penulis Malaysia dan penulis di Indonesia adalah dari perspektif tema yang digunakan. Di Malaysia para penulis tidak terlalu mengutamakan yang namanya tema dalam membuat sebuah karya sedangkan di Indonesia tema sangatlah diutamakan dalam membuat sebuah karya, baik itu cerpen, novel puisi dan lain sebagainya.

Uthaya Sangkar telah menggemari yang namanya menulis sejak sekolah menengah pertama. Sejak SMP Uthaya Sangkar sering meceritakan apa yang dialaminya dalam bentuk sebuah tulisan di buku kecilnya. Kegemaran tersebut terus berlanjut sampai Uthaya beranjak dewasa dan mempunyai seorang anak. Sekarang karya- karya Uthaya baik itu cerpen ataupun puisi, sering menghiasi salah satu media cetak ataupun media online di Malaysia. Menurutnya itu adalah ruang yang harus ia hiasi dengan karya- karya pribadinya.

Salah satu tips yang diberikan oleh Uthaya kepada para peserta ialah “ Semakin banyak yang kita baca, semakin banyak pula yang bisa kita tulis” Ungkap Utahya dengan nada tegas. Selain itu sebagai penulis Uthaya sering mendapatkan inspirasi dari kehidupan sehari- hari, objek tulisannya tidak hanya terpaku pada manusia namun juga sering menggunakan hewan sebagai objek dari tulisannya. Inspirasi tersebut menutup diskusi kita kali ini mengenai “ Writing Workshop with Uthaya Sangkar” besar harapan penulis setiba di Malaysia nanti ia dapat menuliskan pengalamanya mengenai kota Makassar. (15/06/2012)

0 komentar:

Posting Komentar

Pages

Herzlich Wilkommen in mein Blog

Herzlich Wilkommen in mein Blog
Yusri

Meine Freunden

Ich bin Schrifteller

Ketika seorang penulis hanya menunggu, maka sebenarnya ia belum menjadi dirinya sendiri”. [Stephen King]

Cari Blog Ini